GOL CANTIK JULIO ENCISO MENGHASILKAN HASIL IMBANG BRIGHTON DAN HOVE ALBION MELAWAN MANCHESTER CITY UNTUK MENJAMIN SEPAK BOLA LIGA EUROPA


MasabdulJulio Enciso mencetak gol saat Brighton mengamankan tempat di Liga Europa musim depan berkat hasil imbang 1-1 di kandang melawan juara Manchester City.
Tuan rumah membutuhkan satu poin untuk memastikan finis di urutan keenam dan mengukir serangkaian peluang bagus sebelum tertinggal pada menit ke-25 ketika Phil Foden memanfaatkan umpan Erling Haaland.
Brighton merespons dan Enciso melakukan upaya menakjubkan dari jarak 25 yard ke pojok atas tujuh menit sebelum jeda.
Kedua belah pihak terus bergantian menyerang sepanjang babak kedua dan Haaland mencetak gol telat setelah intervensi VAR untuk menarik baju 11 menit dari waktu.
Hasil tersebut berarti Brighton yang berada di urutan keenam unggul empat poin dari rival terdekatnya Aston Villa di urutan ketujuh dengan kedua belah pihak akan bertemu di Villa Park pada hari terakhir musim ini.
Manchester City menandatangani kontrak di Brentford membutuhkan satu poin untuk memecahkan penghalang 90 poin untuk rekor keempat kalinya dalam musim Liga Premier.

POIN PEMBICARAAN

Saatnya berpesta di Brighton. The Seagulls telah mengamankan tempat Eropa yang mereka inginkan dengan satu pertandingan tersisa dan mengakhiri kemenangan beruntun 12 pertandingan sang juara di Liga Premier.
Tuan rumah juga layak mendapat poin mereka saat mereka keluar dari Amex dengan penampilan bagus lainnya untuk melampaui finis kesembilan tahun lalu sebagai yang terbaik di papan atas. Musim depan mereka akan menjadi tim Inggris pertama sejak Hull City pada 2014 yang membuat penampilan mereka di kompetisi Eropa dan mereka tidak diragukan lagi akan menjadi ancaman dalam undian meskipun prospek sekali lagi melihat beberapa nama bintang pindah di musim panas.

PEMAIN PERTANDINGAN

Julio Enciso (Brighton). Pemain Paraguay berusia 19 tahun itu inventif dan energik sepanjang waktunya di lapangan, menutup penampilan yang menarik dengan upaya luar biasa yang membuat pendukung Man City di belakang gawang bertepuk tangan. Itu adalah gol yang pantas untuk memastikan tempat klub di Liga Europa musim depan.

PERINGKAT PEMAIN

BRIGHTON : Steele 7, Van Hecke 8, Colwill 7, Caicedo 7, Estupinan 7, Gross 7, Gilmour 7, Enciso 8, Buonanotte 7, Mitoma 6, Welbeck 7. Cadangan: Mac Allister 7, Ferguson 7, Undav 6, Veltman 6 .
MAN CITY : Ortega 8, Walker 7, Stones 7, Rodri 7, Lewis 6, Gundogan 6, De Bruyne 6, Silva 7, Mahrez 6, Haaland 6, Foden 8. Pengganti: Palmer 7, Alvarez 6, Gomez n/a, Phillips tidak ada.

PERTANDINGAN SOROTAN

06' – KESEMPATAN MAN CITY! Foden melewati beberapa tantangan Brighton dan memberikan umpan silang ke tiang jauh untuk Haaland, tetapi pemain Norwegia itu entah bagaimana berhasil menyundul dari jarak dekat.
21' – BRIGHTON PELUANG! Tendangan bebas Welbeck yang luar biasa dari jarak 20 yard melengkung melewati tembok tetapi membentur mistar gawang.
22' – KESEMPATAN MAN CITY! Foden mengirim Haaland mengamuk tetapi pemain depan itu gagal menemukan penyelesaian untuk mengalahkan Steele yang maju.
25' – GOL! – Brighton 0-1 Man City . Haaland maju ke Steele sekali lagi tapi kali ini dia memotong melewati kiper dan memberikan umpan kepada Foden untuk melepaskan tembakan melewati garis van Hecke.
38' – GOL! – Brighton 1-1 Man City . Julio Enciso menyalakan Amex dengan tendangan 25 yard yang menakjubkan ke pojok atas.
77' – PELUANG BRIGHTON! Estupinan melakukan serangan pertama kali yang menggelegar dari jarak 30 yard melewati tiang kanan Ortega.
80' – GOL MAN CITY DIBATALKAN! Haaland menggerakkan umpan silang sayap kiri Palmer tetapi VAR akan memeriksa tarikan kemeja pada Colwill. Dan gol itu dianulir! Masih 1-1.

STATISTIK KUNCI

Brighton melepaskan tembakan dalam 20 tembakan melawan Man City; hanya Wolves (21 v Man City pada Desember 2019) dan Atlético de Madrid (22 v Barcelona pada Maret 2009) yang pernah melakukan lebih banyak tembakan dalam pertandingan papan atas melawan tim yang dikelola oleh Pep Guardiola.
Foden memiliki enam gol Liga Premier melawan Brighton - setidaknya dua kali lebih banyak dari yang dia miliki melawan tim lawan lainnya. Faktanya, hanya Harry Kane (7) yang pernah mencetak lebih banyak gol di Premier League melawan The Seagulls daripada Foden.
Assist Haaland malam ini adalah keterlibatan golnya yang ke-44 di Liga Premier pada 2022-23 (36 gol, 8 assist) – rekor bersama dalam 38 pertandingan musim Liga Premier, bersama dengan Thierry Henry pada 2002-03 (24 gol, 20 assist) .

Related Posts